Cara Menghubungkan Kamera Video / Handycam ke Proyektor

handycam
handycam

Beberapa waktu yang lalu Proyektor.ID mendapat kepercayaan untuk menyediakan beberapa Layar dan Proyektor untuk acara pengajian akbar di wilayah Buah Batu. Pada waktu itu, Ustadz yang mengisi acara tersebut memang sedang populer di Youtube sehingga jamaah pengajian membludak hingga di luar masjid. Panitia acara pun memang sudah memperkirakan sehingga telah memasang tenda dan layar proyektor di luar masjid.

Pada acara ini, panitia memilih sewa proyektor dengan lumen sedang dan layar fastfold berukuran 2×3 meter. Proyektor dan layar digunakan untuk menampilkan live video shooting selama acara berlangsung. Sehingga jamaah yang di luar masjid masih dapat mendengarkan suara juga melihat penceramah melalui layar proyektor. Untuk video shooting menggunakan video kamera berukuran besar yang biasa dibawa di pundak ataupun dipasang dengan tripod. Layar proyektor yang digunakan saat itu berukuran masing masing 2 meter x 3 meter sebanyak 4 (empat) buah yang disebar ke beberapa titik tempat jamaah duduk.

Screen Layar Proyektor ukuran 2 x 3 meter
Screen Proyektor 2 x 3 meter

Bagi Anda yang sedang merencanakan acara besar atau sejenisnya yang memerlukan live video shooting melalui proyektor, kami coba jelaskan perangkat dan kabel apa saja yang diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Perangkat Utama

  1. Kamera Video / Handy Cam
  2. LCD Proyektor
  3. Layar Proyektor Besar
  4. Kabel dari Handycam ke RCA
  5. Video Splitter (jika lebih dari satu proyektor)
Video Splitter
Video Splitter – Satu Input ke 4 Output 

 

Kabel Pendukung

  1. Kabel Terminal Listrik (minimal 12 meter) – untuk sumber power proyektor dan video splitter
  2. Kabel RCA pendek (minimal 1 meter) – biasanya kabel berwarna kuning
  3. Kabel RCA panjang (minimal 20 meter) – biasanya kabel berwarna kuning

Cara Menghubungkan Kamera Video / Handycam ke Proyektor

  1. Pastikan Anda sudah memasang Layar dan proyektor pada jarak yang sesuai sehingga proyeksi gambar di layar enak dipandang mata. Posisi layar dan proyektor cenderung tidak berpindah-pindah sehingga simpan di tempat strategis yang bisa dilihat banyak orang.
  2. Agar LCD Proyektor bisa menampilkan gambar dari video kamera / handycam, pastikan LCD Proyektor yang Anda gunakan memiliki lubang input kabel audio video. Biasanya lubang input berwarna kuning dan merah, kabel yang digunakan untuk video biasanya disebut kabel RCA. Untuk live shooting Anda hanya memerlukan input video saja, biasanya berwarna kuning.
  3. Kamera Video berukuran besar biasanya sudah memiliki port RCA sehingga bisa langsung menggunakan kabel RCA. Untuk handycam, silakan cek dahulu port output dari handycam yang Anda miliki. Biasanya terdapat kabel bawaan dari handycam nya untuk koneksi output ke port RCA.
  4. Kamera Video atau Handycam dapat dipasang pada posisi yang tetap dengan tripod atapupun bisa berpindah-pindah ataupun di area acara. Oleh karena itu diperlukan kabel RCA yang panjang untuk menghubungkan Video Kamera dengan Proyektor. Hal ini karena biasanya lokasi pembicara atau objek yang di-shoot dengan LCD Proyektor berada di lokasi yang berjauhan.
  5. Bagi Anda yang ingin menampilkan live video ke beberapa proyektor dan layar, Anda dapat menggunakan perangkat Video Splitter. Biasanya satu perangkat video splitter memiliki satu input video dan beberapa output video. Sehingga input dari Video Camera / Handycam dapat disebar ke banyak proyektor dengan tampilan gambar yang sama. Untuk melakukan ini Anda memerlukan kabel RCA lebih banyak sesuai jumlah output atau proyektor yang digunakan.
  6. Terminal listrik juga penting dan diperlukan cukup banyak. Terminal listrik ini nantinya digunakan sebagai sumber listrik untuk Video Kamera, Proyektor, dan Video Splitter. Terminal listrik sangat dibutuhkan jika sumber listrik utama berada jauh dari perangkat yang disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu gunakan kabel listrik berukuran panjang minimal 12 meter atau lebih sesuai kebutuhan.

 

Demikian artikel mengenai Cara Menghubungkan Kamera Video / Handycam ke LCD Proyektor. Semoga bermanfaat untuk mendukung kesuksesan acara Anda. Jika ada penjelasan yang kurang jelas atau tambahan informasi, dapat Anda tuliskan di kolom komentar. Terima Kasih.

4 Comments

  1. Bagaimana caranya. Jika menghubungkan video/ kamera dengan ptojektor tanpa menggunakan kabel… seperti menggunakan perangkat wifi (ezchast.. atau sejenisnya). Mohon berikan ulasanya. Sy ingin mencoba.

    • Halo Mas Nuridin,
      Ide bagus sepertinya, untuk kebutuhan seperti ini memang memerlukan kabel panjang dan kadang tidak praktis.
      Semoga bisa kami ulas pada artikel lain seputar penggunaan perangkat Wifi ini. 🙂

    • Halo Mas, klo saya beli di rekan saya ITC Kebon Kalapa. Di Jaya Plaza Kosambi harusnya ada juga sih. Klo ga mendesak bisa juga beli online, lumayan lebih murah (sebelum ongkir)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.