Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

Bagi Anda yang baru membeli LCD Proyektor atau baru pertama kali menggunakannya, biasanya akan mengalami kesulitan untuk menggunakannya pertama kali. Konsumen kami yang melakukan sewa proyektor di Proyektor ID, biasanya memiliki kesulitan yang sama sehingga meminta tim kurir kami untuk membantu pasang proyektornya.

Biasanya kesulitan yang dialami adalah mengenai cara menghubungkan laptop ke proyektor. Namun jangan khawatir, karena setting penggunaan LCD Proyektor ini cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri jika sudah paham. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa perangkat utama dan pendukung agar Laptop Anda dapat terhubung ke LCD Proyektor.

Berikut ini adalah perangkat yang Anda butuhkan diantaranya:

  • Laptop dengan koneksi VGA atau HDMI
  • LCD Proyektor
  • Kabel Power
  • Kabel VGA atau kabel HDMI
  • Kabel Terminal Listrik (opsional)

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

Berikut ini adalah cara menghubungkan Laptop ke LCD Proyektor:

  • Pertama, nyalakan dahulu laptop, pastikan memiliki baterai yang cukup
  • Hubungkan Kabel Power dengan LCD Proyektor dan sumber listrik terdekat, lalu pencet tombol power pada LCD Proyektor.
  • Arahkan caha proyeksi dari LCD Proyektor ke screen putih atau tembok dan atur zoom serta fokusnya.
  • Selanjutnya hubungkan Laptop dengan LCD Proyektor dengan menggunakan kabel VGA atau kabel HDMI sesuai ketersediaan. Pastikan Anda memasang kabel pada lubang input di LCD Proyektor.
  • Setelah Laptop dengan LCD Proyektor tersambung, biasanya proyektor akan secara otomatis mencari sumber gambar / video, baik dari VGA maupun HDMI.
  • Jika belum juga muncul, pencet tombol Source pada LCD Proyektor atau remote untuk mencari sumber secara manual.
  • Selamat Anda sudah siap menampilkan gambar dan video Anda melalui Proyektor.
Koneksi VGA laptop dan Proyektor
Koneksi VGA Laptop ke Proyektor

Pilihan Proyeksi Gambar

Terdapat beberapa pilihan proyeksi gambar dari Proyektor setelah terhubung dengan Laptop Anda. Anda cukup memencet tombol keyboard dengan logo Windows dengan huruf P. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, antara lain:

Pilihan Proyeksi Gambar
Pilihan Proyeksi Gambar
  1. PC Screen Only, artinya Anda hanya akan menampilkan gambar di Laptop Anda sementara di LCD Proyektor tidak akan muncul gambar.
  2. Duplicate, artinya LCD Proyektor akan memunculkan gambar yang sama dengan tampilan pada Laptop Anda  
  3. Extend, artinya Anda seolah-olah memiliki dua layar yang berbeda, yaitu layar Laptop (utama) dan tampilan dari LCD Proyektor. LCD Proyektor hanya akan menampilkan gambar atau video yang telah Anda tentukan. Caranya mudah, hanya dengan memindahkan atau drag gambar/video tersebut dari layar utama (laptop) ke tampilan LCD Proyektor.
  4. Second Screen Only,  artinya tampilan gambar atau video hanya akan muncul pada proyeksi LCD Proyektor Anda. Layar laptop Anda biasanya akan berwarna gelap karena tidak menayangkan apapun.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dan pilihan proyektsi gambar yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan presentasi Anda. Semoga bermanfaat untuk mendukung aktivitas presentasi Anda.

Beberapa pilihan proyeksi gambar di atas bisa kita coba sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan memberi kemudahan bagi kita yang ingin menampilkan sesuatu pada LCD proyektor tanpa harus merasa bingung dengan caranya. Akan tetapi, selain cara di atas ternyata masih ada lagi langkah untuk menghubungkan laptop ke proyektor yang bisa kita coba.

Menghubungkan Laptop ke Proyektor Sesuai Windows

Ada beberapa langkah dalam menghubungkan laptop ke proyektor yang bisa kita lakukan dengan mudah. Secara garis besar, langkah yang dilakukan sama. Akan tetapi, ada sedikit pembeda yang bisa tampak sesuai dengan windows yang digunakan oleh laptop. Beberapa langkah tersebut antara lain seperti berikut ini.

  1. Tekan Windows+p.
  2. Setelah itu akan tampak gambar pada layar. Nyalakan laptop serta tunggulah sampai mulai. Nantinya laptop secara otomatis akan mendeteksi monitor serta menyesuaikan diri pada layar. Bila monitor tetap saja hitam, pada laptop Anda akseslah “Display Function”.

Ikon Display Function yang bisa kita temukan adalah segi empat yang disertai dengan dua garis vertikal di sekitarnya. Tekan satu kali untuk aktivasi monitor. Jika sudah, aturlah pengaturan pada laptop. Di bawah ini ada beberapa versi dalam menghubungkan laptop ke proyektor sesuai dengan windows yang digunakan.

1. Windows 7

Tekan Start – Control Panel – Appearance and Persnalization. Cari Adjust Screen Resolution, lalu klik satu kali. Window kecil akan muncul dengan adanya 2 monitor dengan label I dan 2.

Pilih drop-down menu pada bagian samping Multiple Displays – Extend these displays – terapkan. Dekstop pun diperluas. Kita bisa menyesuaikan Resolution dan Orientation jika ada pengaturan khusus.

2. Windows Vista

Pilih Start – Control Panel – Personalize – Display Settings. Jika sudah, klik ikon Identify serta I besar pun akan tampak pada layar dan 2 besar tampak pada monitor lain. Pilih di kotak centang Extend My Dekstop to This Display, kemudian terapkan.

3. Windows XP

Klik kanan di Dekstop, pilihlah Properties. Klik tab Settings. Pilihlah ikon Identify pada bagian bawah window. Ingatlah angka yang tampak berkedip di layar monitor yang terpasang. Pilih satu kali untuk menyorot, pilihlah pada kotak centang dengan label Extend my Windows dekstop onto this monitor.

Jika sudah, klik Apply – OK. Kita pun bisa keluar dari pengaturan. 

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Sesuai Merk Laptop

Setelah mengetahui cara menghubungkan laptop ke proyektor seperti yang ada di atas. kita juga bisa menerapkan cara yang tak kalah mudah berdasar merk laptop. Berikut ini cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan mudah tersebut.

  1. F7: Apple.
  2. Fn + F10: Fujitsu.
  3. Fn + F8: Epson dan Dell.
  4. Fn + F7: Sony dan Lenovo.
  5. Fn + F6: Toshiba, Sharp, HP, dan Acer.
  6. Fn + F3: Nec dan Panasonic.

Kita bisa menerapkan beberapa cara menghubungkan laptop ke proyektor di atas dengan mudah. Dengan begitu, cara pengaturannya pun tak akan membuat ribet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.