Proyektor ID merupakan blog informasi dan review lcd proyektor. Kami juga menyediakan jasa rental proyektor yang saat ini melayani Area Kota Bandung dan sekitarnya.

Konsumen yang menggunakan jasa dari Proyektor ID hampir sebagian besar berasal dari pengunjung website ini. Mayoritas bahkan tidak pernah bertemu sebelumnya ataupun berkunjung ke kantor kami, karena kami menawarkan layanan antar jemput sebagai nilai tambah jasa kami.

Anda bisa cek kata kunci yang paling sering digunakan orang untuk mencari layanan kami di google misalnya kata kunci “sewa proyektor bandung” atau “sewa infocus bandung“. Jika anda buka google dan mengetikan kata kunci tersebut, maka akan muncul halaman penawaran (sales pages) jasa kami dengan URL https://proyektor.id/sewa-infocus-bandung/.

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara konsumen kami menemukan layanan dari Proyektor ID sebelum akhirnya melakukan order. Bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi pelanggan kami dan melakukan repeat order. Alhamdulillah.

Awal Mula Usaha

Sebelum lanjut, izinkan saya, Aji, selaku founder dari Proyektor ID bercerita mengenai awal mula usaha rental proyektor yang sudah berjalan hampir 8 tahun jika dihitung dari sejak dirintisnya. Dari awalnyanya bisnis offline yang konvensional, hingga menjadi bisnis online yang bisa

Usaha rental proyektor ini berawal sekitar Tahun 2011 di Kota Bandung. Saya, masih berstatus mahasiswa tingkat akhir di sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung. Saat itu niat usaha hanya untuk menambah uang saku, apalagi saat itu sebagai perantau di Kota Bandung dan menjelang tingkat akhir, sudah saatnya memiliki penghasilan sendiri.

Saat itu promosinya masih konvensional yaitu dengan cara mencetak brosur dan membagikannya di kampus-kampus. Pasarnya pun hanya terbatas sesama mahasiswa saja. Harga sewanya pun masih terjangkau dan bisa disewa perjam, hehe…

Tutup Usaha Rental

Saat itu saya belum memiliki alamat kantor tetap untuk usaha, maka untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, pilihannya saya yang harus mengantarkan proyektor sendiri ke konsumen. Pernah suatu hari durasi sewa lebih pendek dibandingkan waktu perjalanan saya bolak-balik untuk antar jemput. Bahkan jika proyektor disewa hingga larut malam, saya paksakan jemput karena khawatir barang hilang hehe.

Akibat keterbatasan ilmu dan buruknya sistem bisnis, ditambah lagi amanah Tugas Akhir mahasiswa di kampus yang harus segera diselesaikan, maka saya pun memutuskan untuk menghentikan usaha rental ini. Namun karena ada aset proyektor yang sayang jika harus dibiarkan saja, maka saya pun mengajak kerjasama kepada adik tingkat yang masih aktif di kampusnya. Lumayan berjalan walaupun tidak selancar sebelumnya.

Pada akhirnya saya pun menutup usaha rental proyektor tersebut dan proyektor yang ada dititipkan di yayasan dekat tempat tinggal saya supaya lebih bermanfaat.

Mengenal Bisnis Online

Saat menjelang kelulusan, saya mulai tertarik dengan dunia jual beli online. Saat itu marketplace yang populer salahsatunya TokoBagus.com. Pilihan marketplace belum sebanyak seperti sekarang (Tahun 2019). Namun sudah banyak orang yang berhasil mendapat penghasilan dan banyak keuntungan dari jual beli online.

Saya pun mulai mempelajari tentang bisnis online. Saat itu Tahun 2013 belum terlalu banyak orang yang terjun ke bisnis online, kalaupun ada metodenya masih konvensional, hanya berupa blog atau website simple juga belum banyak menggunakan iklan berbayar.

Dari sekian banyak channel bisnis online, saya memilih untuk mendalami mengenai facebook. Dari sana juga saya mulai belajar untuk berjualan dan beriklan di facebook. Beberapa bulan berjalan, saya pun mulai belajar cara membuat website dan sedikit optimasi SEO.

Website rental jasa proyektor ini merupakan salahsatu wujud hasil pembelajaran saya tersebut. Pada awalnya sekitar tahun 2016, nama website ini adalah SewaProyektorBandung.com, namun karena namanya terlalu panjang dan kurang branded. Saya mulai mencari nama baru dan pada tanggal 18 Mei 2017 diputuskanlah untuk membeli domain sekaligus brand baru dengan nama Proyektor ID. Nama domain yang lebih pendek dan bisa juga menjadi brand usaha.

Sejak saat itu, menggunakan website untuk memulai bisnis sudah seperti keharusan bagi saya. Apalagi untuk bisnis online yang disiapkan jangka panjang, sebaiknya kita mulai dengan membangun website dan social media pendukungnya. Hal ini selain sebagai bentuk keseriusan kita berbisnis, juga untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand kita.

Pada bagian berikutnya, saya akan membahas lebih teknis mengenai penggunaan website untuk bisnis. Mohon ditunggu artikel selanjutnya ya.