Tips Membeli Proyektor Bekas

LCD Proyektor atau Infocus sudah menjadi salahsatu kebutuhan penting bagi mereka yang sering mengadakan agenda rapat, presentasi, pelatihan dan agenda sejenis lainnya.

Kebutuhan dan frekuensi penggunaan LCD Proyektor yang rutin ini seringkali menjadi pertimbangan bagi kantor, organisasi, komunitas maupun individu dalam memutuskan membeli proyektor.

Tujuannya tentu agar pekerjaan sehari-hari lebih lancar sehingga semakin produktif. Namun untuk membeli LCD Proyektor yang bagus sesuai kebutuhan tentunya memerlukan investasi yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang memerlukan LCD Proyektor untuk mendukung aktivitas Anda, namun terkendala dana yang terbatas, membeli proyektor bekas pakai bisa jadi solusinya.

Jika Anda cek di marketplace maupun situs iklan baris, banyak sekali pilihan proyektor bekas yang bisa Anda beli. Jika Anda sedang berada di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, Anda bisa mengunjungi pusat perbelanjaan elektronik tertentu yang juga menyediakan proyektor bekas namun masih berkualitas.

Proyektor bekas yang dimaksud dalam artikel ini bukan proyektor ukuran mini, tapi proyektor ukuran standar dengan tingkat kecerahan 2000 – 3500 lumens. Proyektor jenis ini yang biasa digunakan untuk rapat, presentasi di kelas, workshop dan agenda sejenis lainnya.

Bagi Anda yang ingin membeli proyektor bekas, baik melalui online maupun langsung ke tokonya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli proyektor bekas tersebut, diantaranya:

  • Merk dan Tipe Proyektor

Merk dan tipe proyektor bisa menjadi pertimbangan pertama ketika memutuskan membeli proyektor bekas. Anda bisa cek merk populer yang ada di Indonesia khususnya.

Pada saat tulisan ini dibuat (awal Tahun 2018), merk proyektor Epson dan Infocus masih merupakan merk yang populer digunakan.

Jika Anda sudah menemukan tipe proyektor yang anda cari, selanjutnya anda tinggal mengecek tipe proyektor. Dari tipe proyektor, kita bisa mengetahui perkiraan tahun produksi atau periode pemasarannya di Indonesia.

Semakin baru tahun pembuatannya, semakin bisa Anda pertimbangkan untuk beli. Namun tentunya harganya relatif lebih mahal juga dibanding tipe lama.

  • Spesifikasi Proyektor

Spesifikasi Proyektor merupakan hal yang perlu Anda pertimbangan selanjutnya. Spesifikasi ini bisa kita ketahui dari tipe proyektor.

Sebagai contoh, untuk pengunaan dalam ruangan kelas dengan peserta hingga 50 orang, proyektor dengan tingkat kecerahan 2000 – 2800 lumens sudah cukup digunakan.

Untuk ruangan yang lebih besar dan peserta lebih banyak, tentunya Anda memerlukan proyektor dengan lumens yang lebih besar.

  • Durasi Jam Lampu

Durasi jam lampu maksudnya adalah lama durasi lampu proyektor telah digunakan. Biasanya bisa kita cek pada bagian menu proyektor. Satuan yang digunakan biasanya jam atau persentase.

Idealnya untuk proyektor yang baru, perusahaan biasanya mengklaim kekuatan lampu proyektornya bisa mencapai 5.000 jam bahkan hingga 10.000 jam untuk proyektor keluaran terbaru.

Namun bagi Anda yang akan membeli proyektor bekas, kami sarankan untuk membeli proyektor dengan penggunaan di bawah 200 jam.

Tapi harap berhati-hati juga, karena jam proyektor biasanya bisa direset kembali ke nol oleh pengguna sebelumnya. Jadi lebih baik tanyakan saja kepada penjual.

  • Kelengkapan Proyektor

Kelengkapan Proyektor bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Kelengkapan proyektor standar biasanya terdiri dari Proyektor, remote, kabel power, kabel VGA / HDMI.

Sebaiknya tanyakan kepada penjual apakah kabel-kabel masih original atau sudah pernah diganti.

  • Riwayat Kerusakan / Service

Tidak bisa dipungkiri bahwa proyektor bekas biasanya dijual karena ada permasalahan yang dialamai penjualnya.

Alasannya bisa jadi karena salah membeli, proyektor jarang digunakan, ataupun pernah mengalami kerusakan sebelumnya.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda tanyakan dahulu kepada penjual apa alasan proyektor itu dijual. Jika pernah ada kerusakan atau di service, bagian apa yang di service. Hal ini penting diketahui untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi kerusakan terjadi.

  • Harga Pasaran Proyektor sejenis

Dengan adanya internet dan marketplace, semakin mudah mengecek harga pasaran barang bekas termasuk proyektor. Untuk bagian ini, Anda lakukan ketika sudah menemukan proyektor bekas yang cocok. Bandingkan harganya dengan proyektor sejenis. Jika terlalu mahal, sebaiknya Anda lakukan penawaran harga. Namun jika kebutuhan Anda untuk proyektor mendesak atau sesekali saja, Anda dapat juga menyewa proyektor seperti sewa proyektor bandung yang dikelola oleh Proyektor ID.

Demikian artikel mengenai Tips Membeli Proyektor Bekas. Semoga Anda segera mendapatkan proyektor yang sesuai kebutuhan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.