Tips Sukses Presentasi

Tips presentasi

Tips presentasi – Teknik presentasi pasti sudah sering Anda dengar dan pelajari baik dari pendidikan formal atau pengalaman orang lain. Namun, ada banyak orang yang sering mengalami masalah dengan presentasi. Berbagai macam gangguan baik kurang memahami materi hingga faktor pendukung lain membuat presentasi tidak berjalan lancar. Padahal, presentasi bisa menjadi salah satu titik penilaian prestasi dan karir masa depan Anda kelak. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbicara di depan orang banyak?

5 Tips Presentasi yang Wajib Dilakukan

Jika Anda hendak melakukan presentasi di depan banyak orang baik teman kampus atau klien kantor, ada baiknya mengetahui 5 tips sukses presentasi berikut ini.

1. Ketahui PAL atau purpose, audience dan logistics

Sebelum memulai sebuah presentasi, Anda harus tahu mengenai purpose atau tujuan sebuah presentasi dilakukan. Sebaiknya Anda mengetahui tujuan presentasi untuk menghibur atau mendapatkan hati calon pelanggan. Ketahui pula hal-hal yang berkaitan dengan audience seperti sikap mereka, tempat tinggal, pandangan tertentu dan lain-lain. Tips presentasi lainnya adalah mengetahui logistics atau hal yang harus diorganisir dengan baik seperti tempat presentasi dan berapa lama Anda akan melakukan pembicaraan di depan umum.

2. Mengatur waktu presentasi

Teknik presentasi bisa saja dilangsungkan dengan baik bahkan mampu menarik perhatian klien Anda. Namun, materi yang didukung teknik baik tidak cukup membuat presentasi Anda menarik jika tidak mampu mengalokasikan waktu dengan baik. Ya, setidaknya Anda harus mampu mengatur waktu presentasi secara maksimal tanpa membuatnya molor. Presentasi yang lebih lama dari waktu semestinya akan membuat sang penonton bosan.

Alokasikan waktu yang diberikan dengan baik misalnya 75% dari total waktu presentasi. Sebaiknya kombinasikan waktu tersebut untuk menyampaikan materi dan berinteraksi dengan penonton. Presentasi yang menarik tentu akan membuat waktu berjalan lebih cepat hingga klien puas dengan apa yang Anda sampaikan.

3. Menyiapkan materi yang relevan

Penting sekali membangun materi yang bagus sesuai dengan kondisi audience Anda. Setidaknya Anda harus tahu bagian mana saja yang harus dikuasai betul, wawasan terbaru dan hal-hal yang mungkin akan ditanyakan para audience nantinya.

4. Memainkan emosi

Selain mempresentasikan data murni di lapangan, ada baiknya kalau Anda melengkapi penampilan presentasi dengan penggunaan anekdot atau metafora yang membuat audience mengangguk setuju. Selain itu, pastikan pembawaan diri Anda tenang dan percaya diri agar bisa meningkatkan antusiasme para penonton.

5. Menyiapkan catatan penting

Setiap manusia yang tampil di depan umum sangat lumrah jika menghadapi rasa gugup, kurang percaya diri dan sebagainya. Ada baiknya menyiapkan catatan penting mengenai hal apa saja yang hendak Anda presentasikan. Poin-poin penting berisi kalimat singkat, padat dan jelas bisa menjadi senjata Anda menghadapi para audience. Setidaknya Anda memiliki struktur presentasi yang terencana. Selain itu, catatan juga bisa menjadi salah satu media pengingat jika Anda mendadak lupa dengan materi yang hendak disampaikan.

5 tips presentasi tersebut bisa Anda jadikan referensi saat hendak melakukan pembicaraan di depan khalayak. Tentu dibutuhkan motivasi dan kepercayaan diri tinggi agar Anda bisa membawakan materi dengan baik. Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan tips presentasi tersebut? Simak beberapa cara ampuh meningkatkan kepercayaan diri sendiri berikut ini.

Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Presentasi

Agar presentasi Anda berjalan lancar, sebaiknya mempraktekkan teknik presentasi terbaik yang bisa membuat orang terpesona pada cara bicara Anda. Selain harus memahami materi dan berwawasan luas, ada baiknya Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Tips presentasi yang paling baik adalah adanya motivasi dan kepercayaan diri bahwa presentasi yang Anda bawakan bakal berlangsung dengan lancar. Cara meningkatkan percaya diri antara lain sebagai berikut.

1. Pastikan Anda memiliki pengetahuan luas seputar materi yang hendak dipresentasikan

Kesulitan membawakan sebuah presentasi adalah Anda tidak memahami atau menguasai materi. Hal tersebut akan menimbulkan perasaan ragu, was-was dan gugup luar biasa. Pastikan Anda memiliki pengetahuan luas seputar materi sehingga rasa percaya diri bisa menjawab pertanyaan audience begitu besar.

2. Memperhatikan penampilan diri

Langkah sukses melakukan presentasi di depan banyak orang adalah memakai pakaian yang sesuai dengan tema. Setidaknya Anda harus memastikan bahwa penampilan telah maksimal untuk membawakan acara presentasi. Sesuaikan pula antara pakaian dengan tema presentasi.

3. Mengelola gerak tubuh

Tips presentasi yang sukses adalah mampu mengelola gerak tubuh dengan baik. Anda harus bisa memiliki gestur yang sesuai dengan tema presentasi atau tidak terlalu berlebihan. Jangan pula terlalu panik dan kaku sebab audience akan menganggap Anda tidak menguasai materi presentasi. Pandangan harus lurus ke depan dan maksimalkan gerak tubuh saat berinteraksi dengan audience.

4. Senyum

Tips presentasi terakhir yang bisa menimbulkan kepercayaan diri tinggi adalah senyum. Kontak mata dan senyum yang tulus merupakan indikasi positif bahwa Anda siap memulai presentasi dengan baik. Para penonton pun akan memberikan respon positif dengan balas tersenyum atau mendengarkan materi yang Anda sampaikan nantinya.

5. Perlengkapan pendukung yang memadai

Cara meningkatkan kepercayaan diri adalah penguasaan materi dan motivasi dari dalam diri sendiri untuk maju ke depan. Selain itu, ada faktor pendukung yang tidak boleh dilewatkan yaitu alat peraga. Presentasi yang baik harus didukung perlengkapan yang mumpuni agar penonton lebih tertarik pada materi Anda. Di depan khalayak, Anda adalah seorang ahli yang akan melakukan pembicaraan penting. Perlengkapan yang bagus juga akan mendukung materi yang Anda sampaikan mendapatkan nilai plus di mata audience.

Melakukan Presentasi dengan Perlengkapan Proyektor

Salah satu unsur pendukung yang bagus saat Anda melakukan presentasi adalah menggunakan perlengkapan proyektor. Presentasi dengan proyektor bisa membantu materi presentasi tersampaikan dengan maksimal pada para audience. Mereka akan lebih fokus pada materi yang tertera di layar daripada sekadar pengulasan teori konvensional. Toh, banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan presentasi menggunakan LCD proyektor.

Penyampaian materi yang lebih jelas, fokus perhatian penonton terus terjaga selama proses presentasi berlangsung serta penggunaan proyektor yang cukup mudah merupakan keuntungan yang dimiliki. Anda bisa memberikan penyampaian materi lebih unik sebab diberikan dalam bentuk audio serta visualisasi yang lebih jelas. Menjaga perhatian audience tetap fokus dari awal hingga akhir presentasi memang bukan hal yang mudah. Anda butuh penguasaan cara presentasi dengan proyektor yang baik.

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan layar proyektor untuk mendukung presentasi mulai sekarang. Ada banyak pilihan layar proyektor yang mendukung presentasi sesuai kebutuhan misalnya presentasi makalah ilmiah, program kerja di kantor dan lain-lain. Asal Anda memilih isi berkualitas, penguasaan materi dan alat pendukung yang bagus akan membuat presentasi berjalan sukses. Tips presentasi yang mampu meningkatkan kepercayaan diri bisa Anda coba praktekkan sendiri saat latihan di rumah.

Untuk performa terbaik, pastikan Anda memilih proyektor terbaik untuk presentasi. Persiapan presentasi yang matang ditambah dengan peralatan pendukung yang berkualitas, tentu akan semakin meningkatkan kualitas penampilan Anda. Selamat Mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.